RSS

Fenomena GMC dan masa depan Indonesia

02 Sep

Sekitar awal bulan Agustus ini, salah seorang rekan di tempat saya berkebun berkata: “Mas, kemarin ada kursus pelatihan baru di kota ini loh, khusus untuk anak-anak dibawah 15 tahun, ntar kalo udah lulus nanti tu anak jadi jenius.

Dalam posisi lapar dan otak yang tidak siap menerima kejutan karena ndak sahur, saya hanya bisa melongo mendengar rekan saya ngomong gitu. Lalu saya menanggapi begini: “Haaaa, anak jadi Jenius mendadak? Gimana caranya tu?

Kemudian dia menjawab lagi: “Pelatihannya sih cuma dua hari mas, biayanya 3.5 juta, sayang mahal, tapi nanti saya tak nyari-lah duit segitu entah gimana caranya, kan untuk anak kan mas ya, apa sih yang ndak untuk anak, kalo anak saya jenius kan berarti memang turunan bapaknya dong“, kata rekan saya dengan wajah pengen dan sedikit jumawa.

Masih dengan setengah takjub, saya bertanya lagi: “Emang apa pak nama kursusnya?“.

Dia kemudian menjawab: “GMC (Genius Mind Consultancy) mas“.

Ooooooooooo“, jawab saya. Rekan tersebut kemudian menambahkan: “Kalau udah diaktivasi otak tengahnya mas, nanti si anak bisa membaca, mewarnai, bersepeda, bahkan menebak jumlah uang di dompet dengan mata tertutup (Blindfolded), jenius banget kan???“.

Sekali lagi, otak saya yang masih lemot dan oon hanya bisa ber-“Ooooooo” panjang. Pikiran saya memang lagi ndak konsen gara-gara mikir gaji yang dipotong gila-gilaan n kangen anak istri saat itu, jadi saya ndak terlalu serius menanggapi obrolan dari sang rekan. Demi melihat saya yang ndak terlalu tertarik menanggapi obrolannya, akhirnya obrolan itu berhenti dan kemudian hari-hari selanjutnya pun berjalan seperti biasa….

Suddenly….ketika ane sedang ngaskus, ane nemuin trit dari agan virkill….Hayyah, ini kok malah pake bahasa kaskus sih…. si virkill ini nickname dari Arif Yulian Nur, sang Master Cuber yang menjabat sebagai Ketua NSA (Nusantara Speedcubing Association), induk organisasi pecinta rubik di Indonesia, seorang master Blindfolded (dengan metode memorisasi) dalam dunia Rubik.

Akhirnya saya tertarik mencari informasi lebih lanjut dan mendapatkan banyak info disini, disini, disini, disini, disini, dan disini. Dari bahan bacaan seabrek tersebut, saya menyimpulkan satu hal: GMC merupakan satu bentuk PENIPUAN. Mengapa? saya sarankan agar para pembaca sekalian membuka setiap link yang saya berikan, baca dan pahami dengan cermat.

Salah satu alasan saya adalah GMC Telah Berbohong Tentang Dasar Ilmiah Aktivasi Otak Tengah.

Di situs GMC, termasuk  di http://gmcdepok-aktivasiotaktengah.blogspot.com/ , tertulis bahwa : “Pakar Midbrain dari Jepang Prof. Makota Sichida menegaskan bahwa “Otak tengah adalah jembatan bagi otak kiri dan otak kanan manusia. Jika ingin menggunakan kemampuan kedua otak sekaligus (kiri dan kanan) maka otak tengah harus diaktifasi terlebih dahulu”.

Padahal, dalam situs tentang Prof Makoto Sichida,  dijelaskan bahwa ternyata beliau bukanlah pakar midbrain/otak tengah. Tidak ada satupun ulasan dia tentang midbrain/otak tengah. Beliau hanya mengulas: “We promote whole-brain education by developing the right brain and connecting it to the left-brain, allowing both sides of the brain to work together in balance.”

dan hingga saat ini GMC tidak mampu menyebutkan satupun dasar jurnal ilmiah yang mendukung kegiatan mereka.

GMC juga telah berbohong di Media. Pada hari Sabtu, 21 Agustus 2010, TVOne menayangkan program yang mengedepankan program aktivasi midbrain dari Genius Mind Consultancy Bandung. Pada program itu, representatif dari GMC Bandung mengklaim bahwa program mereka telah divalidasi oleh seorang neurolog terkemuka bernama Jun Kimura. Yang jadi masalah, Prof. Jun Kimura sendiri sudah membantah keterlibatannya dengan GMC. Waduh???

Kemudian, muncullah tantangan hadiah sebesar 15 juta bagi siapapun yang berhasil melakukan blindfolded. Kurang besar? Hingga hari ini, James Randi (seorang mantan Magician terkenal dan kemudian mengabdikan diri kepada dunia Ilmu Pengetahuan dengan membongkar banyak sekali klaim supranatural) masih menawarkan hadiah SATU JUTA DOLLAR bagi siapapun yang bisa membuktikan kemampuannya membaca dengan mata tertutup.

Bahkan di fesbuk pun saya menemukan grup menggugat GMC (Genius Mind Consultancy) Indonesia (dan lebih banyak lagi grup yang mengecam GMC kl mau nyari).

Satu pertanyaan lagi: Sadarkan kita bahwa tidak ada satu rekorpun di Guiness World of Record ataupun Ripley’s yang menunjukkan seseorang mampu membaca dengan mata tertutup? Kenapa.?

Pertanyaan Lanjutan: Tau Metode Pelatihan Bronnikov (Bronnikov method)?

Pelatihan ini sudah berkembang di Rusia sekitar 5 tahun lalu, dan pelatihan ini sangat ‘mirip’ dengan pelatihan di GMC. Kenyataannya, Pelatihan Bronnikov ini telah dibuktikan oleh James Randy merupakan PENIPUAN berkedok SCIENCE (Pseudo science)!!!!!!!

Pertanyaan terakhir: Kenapa saya tertarik membahas ini?

Karena saya prihatin dengan pola pikir masyarakat kita yang selalu menginginkan hal yang instan. Saya paham, sebagai seorang tua yang mempunyai anak, pasti ingin agar anaknya menjadi anak yang pintar dan jenius. Tapi, harus kita ingat bahwa kejeniusan, kepintaran dan keberhasilan itu akan berhasil dicapai dengan proses pembelajaran dan perjuangan yang tidak kenal lelah.

Dengan mengikuti GMC, anak telah dididik sejak dini untuk berbohong, membohongi orang lain dan membohongi diri sendiri. Anak tau bahwa orang tuanya mengeluarkan uang 3.5 jt/2 hari demi kursus mereka di GMC, dan mereka paham bahwa itu bukan uang yang sedikit. Dengan ditambah sedikit aura persaingan, maka mereka akan melakukan segala daya dan upaya untuk membuat orang tua mereka bangga, dengan segala cara, walau harus berbohong sekalipun.

Akan menjadi apa masa depan Indonesia kelak kalau generasi muda kita sudah diajarkan untuk MENIPU SEJAK DINI?


Lanjutan Cerita Rekan Saya: Beberapa hari yang lalu saya menanyakan kepada rekan di tempat saya berkebun tentang niatnya untuk memasukkan anaknya ke Pelatihan GMC agar jadi jenius. Ketika saya tanyakan, dia menjawab gini: “Wadoh, anak saya ndak jadi ikut mas, mahal, mending uangnya buat mudik aja deh, lagian kayaknya anak saya ndak usah ikut pelatihan gituan udah jenius dari sononya kok“.:mrgreen:

dan kalau saya, daripada capek-capek mengaktivasi otak tengah yang ndak jelas juntrungnya dan mahalnya naudzubillah, saya prefer mencari Pelatihan Aktivasi Otak Kepala Bawah. Kalau itu ada, saya akan ikut dengan suka cita, demi istri tercinta😀😳

Pelatihan ini sangat ‘mirip’ dengan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 September 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

 
