RSS

Arsip Bulanan: Maret 2009

Menyayangi anak disaat Flu…..

5 hari terakhir ini saya sakit flu, ndak tau juga, tapi yang jelas hampir semua warga di tempat saya berkebun dan anak-anak sanak saudara handai taulan mereka semua kena flu, Flu massal. Karena saya bukanlah seorang ahli kedokteran ato pegawai dari BMG, maka saya tidak tau apa yang sebenarnya terjadi, apa karena emang beberapa hari terakhir ini hujan, ato karena musim pancaroba , ato apalah itu namanya….

Orang Nekad....

Orang Nekad.....

Tapi yang jelas, karena saya sakit flu, sedangkan hasrat saya untuk menggendong anak masih menggebu-gebu dan tidak bisa saya bendung bagaikan air Danau Situ Gintung yang jebol, jadi saya memutar otak mencari cara agar saya tetap dapat menggendong dan menciumiĀ  anak saya tersayang.

Hasilnya???? Lihatlah gambar disamping!!!! šŸ˜€

dan hal itu saya lakukan selama 5 hari full!!!!

Hampir selama 5 hari penuh apabila saya berada dirumah saya memakai masker karena ingus lendir yang ngendon di idung terus menerus berproduksi secara gila-gilaan dan mengalir keluar dengan tanpa permisi. Read the rest of this entry »

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Maret 2009 in Uncategorized

 

Situ Gintung…Antara Bencana dan Pariwisata

Matahari bahkan belum terbit, ketika sebuah danau buatan di daerah Tangerang yang seara geografis sangat-sangat dekat dengan daerah Jakarta Selatan jebol dan menumpahkan isinya bagaikan sebuah “tsunami mini” ke daerah lingkungan sekitarnya pada hari Jum’at dini hari yang membuat seluruh bangsa Indonesia terhenyak…….lagi…….

Dalam sekejap, satu-satunya surga hijau yang penuh dengan air di wilayah Ciputat ini menjadi neraka….

Menanggapi Musibah Situ Gintung ini, kebanyakan pendapat mengatakan bahwa ini adalah murni kelalaian pemerintah. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa musibah ini karena sang penunggu Situ Gintung minta tumbal, halahhhhhhhhhh…..

Tapi ada juga yang berpendapat agar Danau Situ Gintung tidak kembali dibendung dan diperbaiki, akan tetapi lebih baik diurug dan dikeringkan saja dengan berbagai macam pertimbangan, gimana???

Tapi ada satu hal yang menarik perhatian saya dan sudah saya prediksi sebelumnya, yaitu apakah bencana ini akan menjadi obyek wisata tambahan? ternyata asumsi saya benar karena Situ Gintung saat ini bagaikan tempat pariwisata dadakan yang sangat menarik bagi setiap orang. Pake acara foto-foto n rekam-rekam segala, bahkan kalo beruntung anda bisa mendapatkan ikan yang besar dan bergizi buat lauk makan dirumah. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Maret 2009 in Uncategorized

 

Tentang Sugesti

Sugesti adalah sebuah ilmu penghantar materi dan media untuk menyampaikan suatu maksud tertentu dengan kata-kata yang menarik kepada orang yang dituju. Dalam kamus besar bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka dijelaskan bahwa arti sugesti adalah anjuran, saran, dorongan atau pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang. Sederhananya, sugesti adalah sebuah ilmu untuk meyakinkan orang lain hanya berbekal rangkaian kata/ucapan. Hal ini kadang dipraktekkan oleh seorang dokter untuk memberi saran dan nasehat-nasehat yang bersifat mutlak untuk diikuti/taati oleh sang pasien agar bisa sembuh dari sakitnya dan oleh seorang guru saat mengajar para muridnya.

Pengaruh sugesti tidak melihat strata pendidikan dan sosial seseorang. Orang yang berpendidikan tinggi, tidak berpendidikan, apapun jenis pekerjaannya, dari tingkatan sosial mana dia berasal, tidak berpengaruh sedikitpun apabila sudah berkaitan dengan sugesti. Dimana kita bisa melihat contoh konkrit sugesti? Dukun cilik ponari adalah salah satu contoh betapa sugesti sangat berpengaruh terhadap prilaku seseorang, juga Penggalian situs Batu Tulis oleh salah seorang mantan Menteri Agama yang layak diberi gelar profesor tergo**ok se-Indonesia beberapa waktu lalu. Bahkan Ilmu Hipnotis pun menggunakan efek dari sugesti.

Seberapa besar pengaruh sugesti terhadap seseorang? Menurut saya: SANGAT BESAR!!!! Seorang murid yang selalu dihina dan direndahkan oleh gurunya dengan kalimat-kalimat yang menyudutkan (mis: “Masak soal kayak gini ndak bisa mengerjakan, dasar bodoh” ato “kamu memang murid nakal, ndak pernah mendengarkan nasehat guru dan selalu membantah“) akan menjadi murid yang rendah diri, susah mengerjakan soal dan mencerna pelajaran serta akan menjadi murid yang nakal. Akan berbeda hasilnya jika sang murid selalu didukung oleh guru dengan sepenuh dan setulus hati, diberi semangat dan diberi kata-kata positif yang berkonotasi baik, maka niscaya sang murid akan menjadi murid yang baik, pintar, pandai dan tidak nakal. Juga contoh lain tentang pelajaran matematika, seorang murid yang menganggap bahwa pelajaran Matematika itu adalah momok menakutkan, Read the rest of this entry »

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Maret 2009 in Uncategorized

 

Manfaat Musik untuk Kehidupan

Sebagai seorang mantan musisi dengan skill permainan menawan dan melelehkan banyak gadis, saya ditanya: “Sebenarnya apa sih manfaat dari musik itu? Kok kesannya cuma hura-hura dan menghabiskan waktu percuma…

Sekarang gini, pernah nggak kita merasa tenang dan semangat ketika mendengarkan musik? Kalo jawabannya “iya” berarti kita secara enggak langsung sudah merasakan efek positif musik secara psikologis. Apalagi musik enggak cuma berpengaruh terhadap keadaan psikologis, tapi juga punya efek yang positif buat kesehatan.

Johan dalam buku Psikologi musik menyebutkan bahwa terapi musik adalah penggunaan musik sebagai alat terapi untuk memperbaiki, memelihara, dan meningkatkan keadaan mental, fisik dan emosi. Terapi musik juga cara yang mudah yang bermanfaat positif bagi tubuh, psikis, serta meningkatkan daya ingat dan hubungan sosial.

Beberapa manfaat terapi musik antara lain:

1. Meningkatkan kreatifitas.
2. Mengurangi kecemasan dan stress.
3. Meningkatkan intelegensi.
4. Mengubah mood menjadi lebih positif.
5. Meningkatkan konsentrasi.
6. Bikin rileks.
7. Mengatasi gangguan autis pada anak kecil.
8. Membuat emosi jadi lebih positif (senang/gembira).
9. Meningkatkan kemampuan bahasa.

Nah, manfaat musik diatas tidak dikarang dan didapatkan begitu saja, akan tetapi merupakan hasil penelitian dan pengamatan banyak ahli yang melakukan penelitian tentang efek-efek positif dari mendengarkan jenis-jenis musik tertentu. Diantaranya:

1. Jazz.

Penelitian oleh Blaum pada tahun 2003 mendapatkan hasil bahwa setelah para siswa mendengarkan musik jazz, mod mereka menjadi lebih enak, sehingga membantu para siswa untuk belajar. Hasil penelitian ini kemudian diterapkan oleh Norman L. Barber dan Jameson L. barber dengan Read the rest of this entry »

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2009 in Uncategorized

 

Tips membuat blog yang populer…

Sudah beberapa hari ini saya jarang posting, bukan karena saya tidak mau, tapi karena saya benar-benar tidak bisa. Bukannya sok sibuk sih, tapi ndak tau juga, kok beberapa hari ini kayaknya sibuk banget, ada aja kerjaan yang datang di tempat saya berkebun, fyuh…

Akhirnya, selama hampir dua minggu yang bisa saya lakukan hanya browsing, mencari-cari artikel yang ndak jelas dan blogwalking membaca posing-postingan dari blog-blog yang luar biasa banyaknya. Yang jelas, web yang saya buka pertama kali setelah membuka Opera ada Detik.com, trus Kompas, trus Hukumonline, trus WordPress Indonesia trus gogling hentai n gogling 3gp

Selama hampir 2 minggu ini, ada yang menarik setiap saya membuka Daftar 100 Top Post di WordPress, yaitu hampir 10 besar blog teratas berisi posting tentang hal yang saru, vulgar, porno, dan tentang lowongan pekerjaan. Bisa dilihat dari top post hari ini, dari 10 top posting teratas, 6 diantaranya berisi tentang hal porno (Berita Syaiful Jamil-Kiki Fatmala, Video Dhea Imut, dan Foto Syur mahasiswa IDPN). 3 postingan lain adalah tentang lowongan pekerjaan, dan sisanya tentang sepakbola (tumben banget postingan olahraga masuk 10 besar…). Read the rest of this entry »

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Maret 2009 in Uncategorized

 

Partai Plesetan Indonesia

Disclaimer: Tulisan ini tidak bermaksud menyudutkan pihak manapun, hanya sebagai tambahan wawasan dan wacana. Selamat membaca…

Sebenarnya berita udah lama, sejak sekitar tanggal 27 Februari kemarin sudah heboh dan wira-wiri di dunia maya. Mungkin teman-teman juga sudah tau tentang berita plesetan dua partai politik besar di Indonesia, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi Partai Komunis Sejahtera dan Golongan Karya (GOLKAR) menjadi Golongan Kharam oleh Muhammad Amin, seorang fesbuker dari Belanda.

Saya senyum-senyum sendiri membaca berbagai artikel yang berkeliaran dan ikut urun komen untuk menambah panas suasana di beberapa blog dan salut terhadap kreatifitas abang kita satu ini. Yah, hitung-hitung sebagai oase dan ventilasi suasana dari berbagai berita perpolitikan yang sangat menjemukan kurang menarik dan sebagai hiburan disela-sela pemandangan poster caleg yang sangat tidak tahu aturan dan membuat kumuh pemandangan menghiasi wajah kota.

Tapi kemarin pagi saya Ā terpingkal-pingkal lagi karena abang Amin ternyata kembali menelurkan karya besarnya, yaitu membuat plesetan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi Partai Demokrasi Indonesia Pengkhiatan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi Partai Kacau Balau wa ka ka ka ka ka.

Amin menjelaskan bahwa dia membuat 4 lambang dan nama tersebut tanpa tendensi apapun. Hasil wawancara dengan Amin tentang alasan Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Maret 2009 in Uncategorized

 
Sampingan

Kemarin abis nonton “Death Race“. Filmya bagus. aksi laganya mantap (Jason Satham punya nda…). Balapannya yang seru nan sadis didampingiĀ  navigator mlenukh yang bakal mengocok adrenalin. Tapi bukan itu intinya…ada sesuatu yang sangat menarik bagi saya di film itu. Sebuah kata-kata mendalam yang sangat mengena dan sempat membuat saya merenung.

Sebelumnya, Ā ketika saya mengikuti jalan ceritanya, saya jadi teringat dengan beberapa film lain, yaitu Ocean Twelve, The One dan Rogue Assasins/WAR. Ada benang merah yang menghubungkan 4 film itu (sambil ngingat yang lain, mmmm) yaitu tentang indahnya balas dendam, dan seseorang yang menjadi lebih baik ato berusaha menjadi yang terbaik dan menjadi lebih kejam setelah kehilangan orang yang sangat ia cintai.

Jadi ingat juga sama lagunya System of a Down: “Sweet Revenge”šŸ˜€

Di salah satu adegan, Jason ditanyai oleh Hennesey, si pengelola penjara: “Apakah engkau mampu untuk menjamin masa depan yang baik untuk anakmu (dan keluargamu)? Tempatmu adalah disini, biarkan anakmu menyongsong masa depan yang lebih baik tanpamu bersama orang lain yang lebih baik…” (kalo’ ndak salah, CMIIW).

Saya sempat terpana sebentar, saya pause film (hayah) dan berpikir sejenak, berandai-andai apabila saya berada dalam posisi yang sama dan memang kebetulan saya sekarang adalah seorang ayah dari seorang anak yang suangat lucu apa yang akan saya jawab.

Pikiran melayang-layang, mencari-cari, berputar-putar mencari jawaban…lho, kok, malah pusing? Udah ah, diterusin lagi nontonnya…
*segera ambil kembali cemilan dan membuat kopi -lagi- yang udah habis*

Di akhir film, sang jagoan kita mempertontonkan sebuah epilog yang sangat sempurna, sebuah kalimat yang sangat-sangat bagus. Sebelumnya, kembali ke pertanyaan di atas, apa tanggapan dia? Ini jawabannya (vatonie version):

Aku tidak tau apakah aku bisa memberikan masa depan yang baik kepada anak dan keluargaku, aku ini bukan manusia sempurna, dan Tuhan tau bahwa aku tidak sempurna, tetapi Tuhan tetap percaya memberikan amanah ini kepadaku. Jadi, aku berpikir secara sederhana bahwa tidak ada yang menyayangi anak dan istriku melebihiku sayangku kepada mereka, dan bagiku itu sudah cukup untuk menjamin masa depan mereka

THE END……………………………….

Menjadi Ayah terbaik….

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Maret 2009 in Uncategorized