RSS

Convert dokumen menjadi pdf dan pdf menjadi dokumen

26 Feb

Posting saya yang ini, diilhami oleh pengalaman teman yang kesulitan menconvert data skripsi nya ke format PDF (Portabel Document F**k Format) karena salah satu syarat kalo pengen lulus adalah mengumpulkan softcopy skripsi dalam format *.PDF. Kampus tu aneh-aneh, mereka ndak tau apa kalo mau ngonvert dokumen jadi PDF tu pake sofwer? Paling juga yang umum diketahui sofwernya cuma Adobe Acrobat, padahal itu kan beli, harganya gila-gilaan lagi. Untung aja yogya tu kota yang sangat ramah terhadap pembajakan sofwer rakyat melata yang ndak mampu beli sofwer ori . Maka seluruh makhluk di Yogya harus berterimakasih terhadap kebaikan hati “Wahana Disc”, “Studio One” dan teman-temannya :)

Sekarang, hampir semua toko dan service kompie  di yogya ada jasa “Convert data ke PDF”, dan jelas Ndak Gratiz. Kalo menurut saya bukan bayarnya yang jadi masalah, tetapi hilangnya kenikmatan seorang perusak kompie karena sering coba-coba pencari ilmu dalam usahanya untuk mencapai yang dia inginkan. Lagipula, hasil yang kita peroleh lebih nikmat dan afdhol kalo itu adalah hasil keringat kita sendiri. Tul ndak????

Saya ingat, dalam proses pengembaraan saya mengumpulkan segala macam sofware bajakan, saya mendapatkan sebuah converter dokumen ke PDF yang sangat-sangat bagus, namanya PDFCreator . Dan asyiknya lagi, its free coz this is an open source. Performanya dan hasilnya benar-benar memuaskan. PDFCreator juga sangat user friendly ato gampang digunakan. Install, trus klik kanan di dokumen yang ingin di convert menjadi PDF, klik PDFCreator,  selesai. Bagi teman-teman yang sudah pernah merasakan memakai Adobe Acrobat (seri 6, 7, 8, 9, 3D, ato CS) dijamin akan tersenyum lega melihat performanya. Dibandingkan kalo kita nginstall Adobe, maka PDFCreator sangat tidak terasa di resource kompie, sama sekali ndak mbikin kompie tersedak. Pokoknya Jauuuhhhh banget. Silahkan dicoba….

Kelemahannya hanya sofwer ini menyerah kalo disuruh ngonvert *.html, tapi itu juga sepadan dengan kelemahan Adobe Acrobat yang kadang-kadang sangat manja n rusak kalo kompie ada virusnya ndak mau ngonvert *.doc/*.rtf/*.xls/*.ppt. Hayo, pilih mana???

Nah, sekarang kebalikannya, kalo mau ngonvert format PDF ke word/excel saya mengusulkan untuk memakai Solid Converter . Saya bingung juga mau mereviewnya gimana, tapi yang jelas SANGAT MEMUASKAN. Install, trus buka aplikasinya, n tinggal milih tu PDF mau diapain. Benar-benar mudah untuk digunakan. Satu-satunya kelemahan adalah kalo dokumen PDF itu diprotek (pake password misalnya) maka sofwer ini menyerah dan akan meminta kita untuk memasukkan password yang dimaksud (pernah dicoba sama dokumen terlarang kampus yang dengan sengaja ndak sengaja tercopy). Secara keseluruhan, sofwer ini sangat-sangat bagus dan membantu menconvert dokumen PDF ke word/excel. Daripada copipaste lewat Acrobat Reader n hasilnya malah ndak karu-karuan???

ato ada juga sofwer namanya  ABLE2EXTRACT, bagus juga. Bisa ngonvert PDF ke WORD, EXCEL, POWERPOINT, TEXT, HTML, n IMAGE. Untuk Reviewnya klik aja link diatas….

Kalo anda mau ngedit dokumen PDF, maka saya menyarankan untuk memakai Foxit PDF . Ringan (bahkan sangat-sangat ringan), lengkap, ndak repot, gampang dan mudah digunakan, dan ukurannya kecil. Saya pernah mencoba membandingkan membuka file PDF berukuran lebih dari 100mb (Majalah CHIP tahun 2008 versi PDF) antara make Foxit PDF dengan make Adobe. Hasilnya: Jauhhhh. Pas pake Adobe sangat terasa kalo kompie kita dirudapaksa dan tersedak dengan sukses, pas make Foxit PDF biasa saja kayak ndak ada apa-apa gitu (hiperbolik ya, he he he). Tapi yang jelas sangat ringan….Daripada pake Acrobat Reader, mending pake foxit reader….

Terakhir, kalo memang anda ndak mau repot donlot semua sofwer yang saya usulkan diatas, ya udah, gimana lagi, kalo punya, install aja Adobe Acrobat, selesai. Gimana gimana juga, format PDF tu kan aslinya punyanya ADOBE..

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Februari 2009 in Uncategorized

 

3 responses to “Convert dokumen menjadi pdf dan pdf menjadi dokumen

  1. jikoei

    24 Januari 2010 at 5:19 pm

    kren2

    Suka

     
  2. Pembelajar

    26 Juli 2010 at 7:57 am

    Pake open office saja, gratis halalan toyyiban…

    betul pak, saya kebetulan pake kubuntu, dengan open office dan xpdf-nya, tapi saya tetap dual booting dengan windows 7, karena ada beberapa software di tempat saya berkebun yg cuma mau diakses pake windows

    Yah, memang artikel ini saya tujukan kepada para pengguna windows dan variannya

    Terimakasih atas kunjungannya, maaf, saya baru bisa membalas komen njenengan

    Suka

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: