RSS

Cara melupakan masa lalu

02 Feb

Masa lalu adalah kenangan. Ada kenangan yang sangat indah, namun ada juga kenangan yang sangat buruk. Masa lalu adalah rahasia setiap orang yang tidak diketahui oleh orang lain. Kita menjadi seperti sekarang ini karena tingkah laku kita di masa lalu. Masih ingat jargon “Hidup adalah Perbuatan Kelakuan”????. :D

Tetapi terkadang segala kesalahan dan dosa yang pernah kita perbuat, yang sangat kita sesali, menjadi hantu yang selalu mengejar-ngejar kita di masa kini. Semua penyesalan dan rasa bersalah karena kelakuan kita di masa lalu, menjadi momok yang sangat menakutkan. Pertanyaan: “bagaimana cara kita melupakan hal tersebut?”

Ada beberapa cara yang pernah saya praktekkan untuk melupakan semua “hantu” kenangan buruk tersebut, diantaranya:

Pertama: Rapikan semua dokumen. Kumpulkan dan rapikan semua dokumen yang ada, dari dokumen penting sampai hal-hal yang remeh (KTP lama, KK, Akta, Ijazah, Sertifikat, Piagam, Nota-nota, kartu nama, Tanda peserta kegiatan, ID card, dll), pisah menurut klasifikasi dan kebutuhan, dan buang yang sudah tidak diperlukan. Dalam proses kita mengumpulkan dan merapikan dokumen tersebut, kita akan sadar bahwa ternyata telah banyak yang telah kita lalui, tidak hanya kesalahan tapi juga kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, bahwa ternyata kita masih mampu untuk berbuat dan melakukan sesuatu, bahwa ternyata kita masih mempunyai “nilai” yang tidak kita sadari, dan kita akan mulai berpikir bahwa kita ternyata masih mampu untuk melakukan banyak hal-hal berguna.

Kedua: Sortir Pakaian. Pisahkan semua pakaian yang kita punya, mana yang masih ingin kita pakai dan mana yang tidak. Singkirkan semua pakaian yang sudah tidak kita inginkan dan berikan kepada yang lebih berhak. Ketika kita melihat lemari pakaian kita yang kosong, maka kita akan berpikir bahwa ternyata hidup itu masih panjang, hidup itu masih terus berjalan dan mau tidak mau kita harus menjalaninya. Lemari pakaian yang kosong tersebut menunggu untuk kita isi dengan semua pakaian baru yang kelak akan kita punyai, begitu juga hidup dan jiwa kita yang menunggu dan harus kita isi dengan segala kenangan dan hal-hal baru di masa mendatang.

Ketiga, Rapikan Isi Computer. Caranya sederhana: Simpan/bakar semua data di hardisk dalam CD/DVD, lalu Fomat dan Partisi ulang harddsik, kemudian install ulang kembali semua program. Ingat, jangan copy-paste kembali data di CD/DVD tersebut ke harddsik kita (kecuali data-data *.doc, *.rtf, *ppt, dan *.xls yang sangat penting). Sekarang kita punya computer yang masih perawan. Dan kita akan melihat computer kita dengan prespektif baru, bahwa ternyata computer tersebut bisa digunakan untuk hal-hal lain, bisa digunakan untuk membuat dan mencari sesuatu yang lebih bermanfaat. Kita mulai berpikir untuk meng-upgrade beberapa komponen. Kita akan terpacu untuk mencari dan mengumpulkan data baru yang lebih update, yang pasti berguna. Insya Allah, dalam proses membersihkan computer tersebut, kita akan “terpaksa” berkenalan dengan beberapa orang baru yang akan menjadi teman baru dan siap membuat kenangan baru bersama kita.

Keempat, Jalan-jalan. Kemana? Ke semua tempat yang pernah mengisi memori kita, entah itu baik maupun buruk. Datangi dengan berani tempat-tempat tersebut, untuk mengingatkan kita bahwa masa itu sudah berlalu, itu hanya tinggal kenangan, dan kita hidup di masa kini, tidak ada gunanya menyesali semua hal yang telah terlewati. Kalau kita punya waktu senggang, bisa dicoba untuk mendatangi semua tempat yang belum pernah kita datangi, misalnya daerah pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk manusia kota. Setelah itu kita akan tersadar bahwa ternyata dunia ini luas, tidak sempit, ternyata manusia di dunia ini sangat banyak, bahwa rahmatNya tidak terhitung, bahwa semua orang berhak untuk hidup bahagia, dan bahwa masalah kita tidaklah berarti apapun terhadap dunia dan sekitarnya. Pun kalo kita bunuh diri misalnya, tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap hidup orang lain.

Terakhir, semua dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan mungkin tidak akan pernah terhapus dari memori dan catatan amal kita. Tapi, setidaknya kita berusaha untuk memaafkan diri kita sendiri, berusaha untuk menjadi yang lebih baik dan terus membaik, dan terus berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Bagaimanapun, kita yang sekarang adalah hasil dari perjalanan hidup kita di masa lalu. Tidak ada yang perlu disesali, karena semua salah, khilaf , derita dan dosa yang telah kita alami telah menjadikan kita lebih tegar, lebih kuat, dan membuat hidup lebih hidup. Halahhhhhhhhh

 
66 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Februari 2009 in Uncategorized

 

66 responses to “Cara melupakan masa lalu

  1. Alina Kharisma

    13 Juli 2009 at 6:17 pm

    saat ini saya sedang beusaha berdamai dengan masa lalu sy,agar tdk mempengaruhi dikehidupan saya yg skrg…

    @Betul jeng, betul

    Suka

     
  2. Fery

    7 September 2009 at 3:46 pm

    2 tahun sudah berlalu,aq pun sudah sadar bahwa aq tidak melakukan apapun dalam 2 tahun ini,aq hanya berjalan di tempat,aq berusaha hapus itu semua,ternyata itu semua cuman pelarian,memaafkan diri sendiri begitu sulit,sampai saat ini,aq seperti bangkai berjalan.Maafkan aq Tuhan,please.

    Mas ndak jalan di tempat kok, buktinya mas sampe di blog saya demi usaha untuk berubah, Insya Allah Tuhan Maha Melihat dan Mengetahui usaha mas

    Suka

     
  3. rheny

    15 Oktober 2009 at 5:36 am

    Point 4 yg bkn q ga kuat. . q ga bs maafin dr sndr

    @Kalau begitu, belajarlah memafkan dirimu sendiri…

    Suka

     
  4. earha

    26 Oktober 2009 at 1:44 pm

    qhw gughx tauu haruzzzz gmn menghadapi smua ea tpii eank qhw tau bahwa allah itu adilll.

    buatdd org eang masa lalu ea menyakitkan ssabarr ajjh mudah _ mudahan masa depan kita cerah

    sdtelah qhw sadar bahwa allah itu tkk memberi ap eang kta btuh kand tpii allah mmberi ap eank kta PERLUKAN

    @Betul jeng, Allah memberikan apa yang kita butuhkan, dengan caranya….

    Suka

     
  5. chieghiet_kuningan jabar

    25 November 2009 at 11:51 am

    makasi atas saran nya………..ternyata bukan w za..yg d timpa masalah yg bgitu berat……..

    @Sama-sama, semua manusia itu pasti punya masalah masing-masing, tinggal bagaimana kita menghadapinya

    Suka

     
  6. woco

    14 Desember 2009 at 8:09 am

    hidup itu perjuangan

    @Semangat!!! ^_^

    Suka

     
  7. antariksa basyam

    16 Desember 2009 at 3:24 am

    thanks atas saran x gue kayak mo nangis waktu baca ini……sepertinya susah banget maafin diri gue…
    kesalahan gue dah banyak bangets….
    maafin aku ya Allah…..
    semoga masih ada jalan untuk bertobat…..

    @Insya Allah jalan bertobat itu selalu ada dan terbuka, Allah pasti akan memaafkan, tinggal kita yang harus memaafkan diri sendiri… ^_^

    Suka

     
  8. ardan

    28 Desember 2009 at 3:04 pm

    makasih banyak…

    @Sama-sama

    Suka

     
  9. nina

    29 Desember 2009 at 4:00 am

    thanx atas saranny,Sekg q udh berani melangkah ke depan. Wlau ibu udah maafin tp sampai sekarang q lum bisa maafin diri-sendiri dan msh sgt mnyesal+malu, itu yang bkin q tidak berani melangkah ke depan, takut masa laluku menjdi bom atas kberhasilanku. Jadi orang populer jdi takut, ntar masa laluku jadi bahan gunjingan. Semoga q bisa lbh berubah dan memaklumi diri-sendiri.trimakash ibuku yg tetep support anakmu yang bandel. q trs beruasaha mnjdi yg trbaik buatmu. Allah ridhoi q ya.

    @Amin… Semangat Jeng!!!

    Suka

     
  10. metthey elodie

    28 Januari 2010 at 3:09 pm

    Salut…!!! c’est trés bien j’adore ça…!!! :))

    Je parle indonesia mais pas beaucoup…!!

    cerita yang bagus saya suka itu….!!!!
    merci buat sarannya mungkin saya akan bisa melupakan masa lalu saya yang pahit…:(

    @Sama-sama ^_^

    Suka

     
    • pebri

      11 Juni 2012 at 8:03 am

      tuhan bantu q tuk melakukan smw ne,,,q ingin melupakan masa laluku ya allah

      Suka

       
  11. kesepian

    8 Februari 2010 at 7:58 am

    sebahagian mgkin sukar tuk melupakan masa lalu…mgkin masa lalu menghantui diorang..hdup ney kena selalu enjoy!!!!!!!!!!!!!!!!!!walau banyak masalah mane pun jgn penah nak tunjuk kat orang yg kita ad msalah…..ingaat lah bahawa ad insan yg lbih truk dri kita…SO KITA ENJOY……..!!!!!!!!!!

    @Oke deh, ayo Enjoy!!!

    Suka

     
  12. yanti

    16 Februari 2010 at 11:33 am

    yang membuwaat tkut adalah orng dmsa lalu itu msh bsa qt lihat,,,,, rasana dia akn sll menertwakan kebodohanku, kesalahanku, dan aq sll tkt mengingat kslhn itu. tp bnr bgt bhwa aq hrs mulai belajar memafkan diri sendri…..

    @Sepakat jeng….

    Suka

     
  13. abuoy

    22 Februari 2010 at 9:52 am

    ketika ku ter bangun dari tempat tidur ku…hal hal yang pernah ku ….lakukan ter ringat lagi………. yang kesalahan kesalahan yang amat fatal ……..tapi munggkin kenanangan yang lalu akan pudar meskipun lama ……….enangan itu seperti TV ,,,,,,,,,yang pertama tv itu terang dan lambat laun semakin pudar….dan berbintik bintik…….dan ahirnya tv itu tidak ada gambar dan ahir nya mati…………..MEMANG CUKUP LAMA………TAPI ITU PASTI

    @Yah, cukup dijadikan kenangan saja, jangan sampai jadi mimpi buruk ya… ^_^

    Suka

     
  14. tisa

    30 Maret 2010 at 3:57 pm

    Kok sepertinya aq gk s4 melakukan smua tips di atas,krn waktu q tersita tuk mengurusi kehidupan yg berjalan saat ini. Tp emang rasa bersalah ats langkah ku di masa lalu slalu jadi bayang2 kehidupan q. Tiap x kenangan pahit itu terlintas membuat aq ingin mencampakkan kehidupan yg sdg ku jalani saat ini. Mungkin terlalu banyak pemikiran buruk ku tentang masa depan yg harus ku tanggung terlebih anak ku tercinta atas dosa ku di masa lalu. “SEBUAH KESALAHAN YG AMAT SANGAT BESAR YG PADA AKHIRNYA MEMBAWA KU BERADA DLM PENYESALAN TIADA HENTI…”

    @Mungkin posisi kita sama jeng.
    Hanya saja, tidak boleh kita lupakan, bahwa kesuksesan kita yang sekarang, adalah karena perbuatan kita dimasa lalu.
    Kata pak Mario Teguh: Kejahatan/Kekejian/Kesalahan yang menciptakan kebaikan, adalah sebuah kebaikan ^_^

    Suka

     
  15. Byan

    15 April 2010 at 1:20 pm

    makasih yaa…..sarannya. sekarang gue bisa lebih tenang

    @Sama-sama

    Suka

     
  16. nabeela

    20 April 2010 at 12:50 pm

    ingin melupakan masa lalu, yg menurQ itu pahit.
    aq ingin membuka lembaran baru.
    tpi mengapa untuk melupakan smw itu sulit??

    @Tidak usah dilupakan juga tidak apa-apa jeng, cukup dijadikan pelajaran untuk tidak kita ulangi lagi

    Suka

     
  17. fitri

    27 April 2010 at 12:58 pm

    gimana caranya ngelupain cowok…
    dan tuh cowok udah ngancurin hidup gue???
    dan tega2nya dya pnya pcr lagi dibelakang gue..
    apalagi pcrnya itu lebih jelek!!!
    gue heran sama cowok!
    kenapa cowok selalu gk puas pnya 1 cwek?
    kenapa cwok msti playboy??
    gue pngen lupain semua kenangan itu..tapi gmna cranya?

    @Pacarnya barunya lebih jelek ya? Ha ha ha ha
    Kalo gitu, bersyukurlah njenengan diberitau oleh-Nya tentang tingkah lakunya sewaktu masih pacaran, coba kalo udah nikah, kan malah berabe semuanya???

    Suka

     
  18. REY

    24 Mei 2010 at 8:14 am

    COW TU EMG JHAT

    @Waduh, jangan gitu jeng, ndak semua loh, saya juga cowok nih….

    Suka

     
  19. REY

    24 Mei 2010 at 8:14 am

    FE3Y5555555555VC 5T

    @ ?????????

    Suka

     
  20. Ivan chablekz

    8 Juni 2010 at 9:45 pm

    Q pnya pacar tapi masa laluny yg menghntui aQ…
    q syng dya tpi dya udah habis sma mantanya keperawnan dya.. apakah aq harus nerima kekurangan dya.. walaupun sakit bagi aq. mohon solusinya…

    @Waduh, susah juga ya, kalo yang ini saya ndak komen deh, itu tergantung keputusanmu sendiri….
    Saya cuma ingat Nabi saya pernah bilang gini: “Wanita baik-baik untuk lelaki baik-baik, dan sebaliknya”…

    Suka

     
  21. akbar

    23 Juni 2010 at 5:02 am

    tolong beri tau aq bagaimana caranya melupakn masa lalu.masa lalu bersama pacarku

    Suka

     
  22. anang basung dalam dukuh

    14 Juli 2010 at 12:35 pm

    ngga sanggup ngga sanggup

    @Semangat semangat!!!

    Suka

     
  23. terizki

    13 Oktober 2010 at 4:04 pm

    terima kasih atas saran” nya .. :)

    @Sama-sama

    Suka

     
  24. Abdur Rachman Jubair

    10 November 2010 at 12:13 am

    La’insyakartum la’aziidannakum wa la’inkafartum ‘inna ‘adzaabii lasyadiid

    (Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU), sungguh adzab-KU sangat pedih. (QS. Ibrahim: 7)

    @Terimakasih mas, alhamdulillah

    Suka

     
  25. tri

    4 Januari 2011 at 9:32 am

    ya allah sungguh susah melupakan istri yg menghiyanati saya setelah 10thn membinah rmh tgl dgn susah payah…dia hancur kan demi laki2 yg sdh ber istri….
    sakit hati ini….hingga saya harus pergi jauh ke tanah arab mencari kehidupan yg baru…

    @Aduh, saya ikut berduka mas, semoga kehidupan mas lekas pulih, dan akan mendapatkan pengganti yg lebih baik, dan ini juga awal dari kehidupan baru yang lebih terang, amin…

    Suka

     
  26. me...

    25 Januari 2011 at 1:43 am

    bingung sama driku sendri…
    aku pnya masalh yang berat dalam hidupku…
    aku terlalu egois, hngga selalu membenci masa lalunya…
    tapi aku selalu menyayanginya…
    Apa yang harus aku lakukan???

    @Kadang2 kita tidak perlu terlalu mempermasalahkan masa lalu seseorang. Semua orang pasti pernah salah, dan selama dia sudah berusaha dan telah berubah, saya kira itu sudah cukup…

    Suka

     
  27. me...

    25 Januari 2011 at 1:45 am

    Ass.wr.wb.
    Bismilahhirohmannirohim…
    bingung sama driku sendri…
    aku pnya masalh yang berat dalam hidupku…
    aku terlalu egois, hngga selalu membenci masa lalunya…
    tapi aku selalu menyayanginya…
    Apa yang harus aku lakukan???

    @Waalaikum salam. Wah, dobel post ya…

    Suka

     
  28. kang ian dot com

    10 Maret 2011 at 1:38 am

    makasihh ya saya lagi dalam proses melupakan masa lalu juga

    @Sama-sama

    Suka

     
  29. EkHy

    12 Maret 2011 at 1:04 pm

    Saya berharapa sya bisa memaafkn diri saya,,,!!!sya brharap smga smua kslahan sya dimsa lalu bsa mnjdi plajaran brharga buat saya…AMIEN

    @Amin amin amin

    Suka

     
  30. RASYIDAH

    25 Maret 2011 at 2:17 pm

    SY INGIN JUJUR SM DY,,,TENTANG MASA LALU AKU,,,TP SAMPE SEKARNG JUJUR SY BLM BRANI,,,SY TT DY TINGGALIN AKU

    @Jujur itu memang berat, tapi setelah dilakukan maka perasaan bersalah yg menghantui akan hilang. Semoga mendapatkan jalan keluar yang terbaik mbak, semangat…

    Suka

     
  31. Annisa

    26 Maret 2011 at 10:01 am

    mksi atas saran na.ju2r aq gx bs ngelupain kenangan aq dgn si dy,krna bnyk kenangan2 yg kmi lkkn d saat kmi brdua msh brpcrn…………….tp aq sdr lk2 ithu hnya bsny nyakiti perasaan cwex jha.smpi saatini aq blm bs mlpkn dy,krna kmi sllu brjmpa dsklh.jd setiap kli aq mndgr nmny skt hti ku ini rasany……………………………

    @Melupakan itu perlu waktu. Semangat…

    Suka

     
  32. adit

    8 April 2011 at 4:56 pm

    aq punya pacar trus dia putusin aq gtu aja,,tanpa sebab,,aq heran ,,ma dia kok bisa ya,padahl aq udah lakuin apa yang dia mau,,mungkin kali ya,,aq jelek trus dia tinggalin aq trus cari yang lebih ganteng,,, tpi tp sampai skrng aq kalau sedang termenung ndri tiba2 teringat dia gtu,,gmn ya spaya aq bisa lupakan dia,,,,,,,,,,,,,plizzzzzzzzzzzz aq minta sarannya,,tmn2

    @Saran saya cuma satu: Lupakan. Berat sih, tapi patut dicoba…

    Suka

     
  33. eno

    14 April 2011 at 9:29 am

    entah knp, stlh pernikahan q branjak 3thnb, n punya seorang anak.., tiba2 aq tringat sm mantan q,dy cinta pertama q.. smua knangan q brsamanya tringat lg.., aneh.. padahal dy jg sdh menikah..
    gimana ya caranya buat ngelupain tu smua..??

    @Lupakan! Itu sudah berakhir. Itu hanya semu belaka. Yakinlah pasangan mbak sekarang adalah yang terbaik…

    Suka

     
  34. IRAYANTI

    22 Mei 2011 at 12:21 pm

    sulit utk melupakn smua kenangan yang terjd nmun biar bgmn pun, kngan yang buruk hrs ttap qt lupakn agr qt dpt ttap berfkir psitif…

    @Sepakat! ^_^

    Suka

     
  35. Nissa

    16 Agustus 2011 at 2:24 am

    lalu gmn jika masa lalu itu menghambat kita untuk melangkah menuju masa depan dan membuat kita susah untuk berfokus dengan masa depan kita?

    @makanya lupakan, masa depan kan lebih penting… ^_^

    Suka

     
  36. Lintang Setianingrum

    2 September 2011 at 2:08 pm

    seseorang itu dh menyiksa batin q,,capek rasanya dengerin cinta,,pusing,,ingin rasanya melepaskan semuanya,,ingin semuanya seperti awal aq ga kenal sama org yang nyakitin hti aq,,dengan mudah sama cw lain,, minta maaf untuk kesalahnnya aj ga pernah,, tp kenapa aq masih tetap mengharapkan orang yang gak sedikitpun pantas untuk diharapkan,, disaat butuh kasih sayangnya,, disaat hidup q tergantung sm dy,, dy ga ada bwt aq,, tpi knp rasanya aq jd org yg bodoh,, hnya karna cinta

    Suka

     
    • dian

      14 Maret 2012 at 1:00 pm

      ea jenk…. aq juga penah ngerasain hal yg sama kayak amu….
      knp qt harus kenal orang kayak gt ea?
      menyakitkan bgt….. knp qt harus kenal dia ea jenk?
      seandainya qt sama sekali g’ kenal dia ya? kan qt gak haruslupain apapun?? hehehe…….
      tp kehidupan terus b’jalan….. qt harus optimis suatu saat qt pasti bisa lupain dia ea? klo qt udah menemukan orang yg tepat bwt qt? aamiin……

      Suka

       
  37. Raisa

    11 September 2011 at 2:45 am

    nice

    Suka

     
  38. dhyka

    10 Oktober 2011 at 2:47 pm

    kslhn itu sllu t’ingat stiap x w mw tidur hingga sulit tidur klo ga cape2 bgt.. sgla cara ud w coba wat bsa nglupain tu smw, dri jln kmn w mw. mndaki gnung, kliling bbrpa pulau d’kpulauan seribu, bandung/jogja/surabaya/lampung n kota lain sktrnya, pi tetep, pkiran itu akn mncul lgi ktika w akn trtdur..

    dri sgla mcm barang haram ud prnh w coba kcuali free sex, w sdr. smw itu gak bsa m’cuci otak w dri kslhn w kepada dia. mskipun dia sudah jls mngatakn bhwa dia sdh mmafkn sjak dulu, pi tetep sulit m’maafkn dri sndri..

    8th memang tak singkat, entah hars brp thun lgi kslhn itu sllu jdi momok yg mnkutkn. wat w drop klo inget, ngrsa hidup w udah cacat..

    entah hal apa lgi yg hrs w lkukn..

    mngkin akn w coba bbrpa hal yg w baca dri sini.. mdh”an bsa mlupkn ini smw..

    Suka

     
    • Ayu

      3 November 2011 at 1:38 pm

      Aslm . .

      Smg saat aq reply email qm ni , , insyllh qm udh mkin damai dg hdpmu .

      Aq jd ingt sbuah kisah, enth qm udh bc or blm ??

      Syhdan , di sbuah krjaan , seorg raja teriris pisau ketika mgupas buah , bgi sg rja itu hl yg sgt mykitkn , ia mgeluh brkpnjgn . . Sg penasehatx pun brkata agr rja brsbr krn sgl sesuat psti ad hkmhx. Mndgr hl trsbut, rja sgt mrh & mnjbloskn pnshtx kpnjra .

      Bbrp hri stlh it rja & pgwlx pergi brburu . Keasyikn mgjr hwn buruan, rj msuk jauh ktgh hutan & dtgkp suku pdlmn . Rj dthn & dplih utk djdikn tumbl krn dirix yg plg rupawan . Nmun stlh rj dlht dgn seksama , akhrx rj dlpskan . bekas luka djrix mmbuat rja tak pnts djdikn tumbl .

      Rja sgr plg dg hti riang & lgsg menemui pnshtx . Ia mmnta maaf krn tlh mnjblosknx ke pnjra . Tryta pnshtx bnr bhwa sakit yg draskanx dlu justru mylmtkn nyawax .

      Mndgr hal itu smbl trsyum pnsehtx brkta :
      “sya jg sgt brsyukur krn kmrn tuan jebloskn kepnjra, coba kalau tidak , mgkn sya yg mggntikan tuan mnjdi tumbalx .”
      :-)
      smg brmnfaat ya dhyka . Allah it mha pngsh , dan allah sgt mncintai org2 yg prnh salah kmudian mrka brtobat .

      God bles u , wslm

      Suka

       
  39. clara

    23 November 2011 at 4:20 am

    saya, pernah mempunyai teman deket.tapi setelah kami berteman kurang lbh setahun, kami berantem, dan dia labrak saya, di depan cowo saya, dan juga di depan keluarga cowo saya. waktu itu saya shock, awalnya seh saya yg melakukan kesalahan tapi lama2 saya merasa hidup saya ga ada artinya. saya malu sama cowo saya, teman cowo saya dan jg tetangga yg lain. tolong berikan saya tanggapan, sampai saat ini hati saya perih jk ingat itu smua, dan tolong kuatkan saya untuk melalui smua ini, krna ini sangat mengganggu aktifitas saya sehari….

    Suka

     
  40. Wendha Adityana Poutrie

    26 Februari 2012 at 6:30 am

    patah hati rasanya seperti kiamat sendirian….
    aduuuuuuuh,,,, hancuuur dah harapan utk hidup T.T

    Suka

     
  41. Femitha

    1 Maret 2012 at 5:58 am

    gemana caranya menerima kenyataan .. disaat dulu selagi masih pacaran gue dan dia udah melakukan hal” yang seharusnya belum gue n dy lakukan smp ada hasil buahnya . selama pacaran hubungan gue dan dia ditentang smp akhirnya kita punya anak diluar nikah . sampai punya rencana kawin lari krn kita udah merasa gabisa jauh dan terpisahkan . tapi endingnya memang ga seperti yg kita harapkan.. akhirnya kita terpisah dengan cara yg pahit . dan skrg gue punya hubungan sm cowo lain lg bahkan sudah hampir kejenjang pernikahan sayangnya dy ky gabisa menerima cerita masa lalu gue . apapun yg gue lakukan slalu salah dimata dy . n itu sakit bgd bua gue . dy blg gue pantes bahagia tp apa ini cara dy ngebuat gue bahagia.???

    Suka

     
  42. tata

    1 Maret 2012 at 9:56 am

    syrt2 d ataz gg ada yg biza aq lkuind…

    Suka

     
  43. nyla

    13 Maret 2012 at 1:45 am

    ak d.tinggal pergi sm org yg bgitu ak syangi,, dy kluar kota untuk wkt yg ckup lma, dy mtusin ak krn dy gmau buat ak mnunggu, dy nyuruh ak ngluoain dy, pd hal malam sblum dy brangkat dy ngjak ak jln, dy buat ak sneng bgt mlm it,, bsok.a dy xmx klo dy mw prgi dan mngakhiri hubngan kami.. bgaimana bisa ak nglupain dy yg udh trlnjur buat ak nyman, ak dah trlanjur syang sm dy..

    Suka

     
    • de picc

      31 Oktober 2012 at 7:49 am

      smw msalah bs d,selesaykn …kesedihan itu hnya akan meperburukn hri2 yg kita lwati,kita hrus bersyukur,harusnya kita sadari bhwa dy bukan yg terbaik buat kita,untuk apa kita menangisi dy yg telah pergi…

      Suka

       
  44. inta

    14 Maret 2012 at 11:35 am

    :)
    jika memang sulit , tak perlu d paksa untuk melupakan , paling tidak berusaha untuk tidak mengingatnya lagi…
    meski pahit,telanlah dan jadikan sebagai obat yg menyehatkan..

    Suka

     
  45. Rhyna

    18 Mei 2012 at 1:20 pm

    I like tips. . .aqu termotivasi untk memaafkan diri sndiri… Membgun sesuatu yg bru

    Suka

     
  46. Zaki

    26 Mei 2012 at 5:58 am

    Maza lalu ,kenangan,adalah takdir yg dh digariskan..begitu mengharu biru sampel KTA kg gk sanggup melupakannya …klo kita sadari yg puny masa adalah Dia,Yg menuntunmu semenjak km dilahirkan..jd intinya kenangan sedih adalah cobaan…,hanya kepada Dialah tempat kita bercurhat..

    Suka

     
  47. nurul jogja

    11 Juni 2012 at 7:28 am

    for all
    bagaimana cara melupakan dan memafkan kesalahan pacar kita di masa lalu, di masa lalu pernah menyakiti slma 1 tahun tpi untk masa skrng baik dan sayang, cinta jua..tapi terkadang saya msh ingat akn masa lalu yg pernah ngebuat ht saya terluka…aku ingin rasa dendam ku itu hilang..ingin memfkan dan ingin melupakn tp susah…

    Suka

     
  48. pebri

    11 Juni 2012 at 8:10 am

    assalamu a’laikum,,, rsanya gc mudah melakukan smw tu tp, jka q mengenangnya trus hdupku seakan2 tdak ada gnanya lg aq ada di dunia ne,,,,,,aq sangat merindukan msa lluku n aq sangat pengen melupakanny ya allah,,,sanggupkah q ya allah melupakan dy dri memoryku ???????
    tuhan…….. jngan biarkan htiku terusan tersiksa gara2 msa lluku
    wassalaaaaaaaaaam!!!!!!!!!

    Suka

     
  49. wiwinjuliyanti sragencity centraljava

    23 Juli 2012 at 12:13 pm

    sulitt…. :(

    Suka

     
  50. parakan

    12 Agustus 2012 at 9:35 am

    terimakasih…karena Allah masih sayang padaku..hingga kini aku masih diberi kesempatan untuk menikmati penyesalan yang tentu tidak akan jatuh pada kesalahan untuk yg kedua kalinya…Terimaksih Ya Allah Maha Penerima Ampunan,
    mohon ampuni aku.

    Suka

     
  51. annisa nabilah

    15 Agustus 2012 at 1:15 am

    saya bingung utk lupain masa lalu saya, semuanya terlalu cepat, saya ingin semuanya menjadi masa lalu yg mungkin tak bisa utk saya ingat lagi,…
    dengan saya pergi menjauh dari teman2 saya selamanya, apakah itt berguna?
    karna yang saya rasakan jika saya dekat dengan mereka, saya selalu merasa ada sesuatu hal yg ganjil, dan saya fikir mereka tdk senang jika saya dekat dengan mereka, dan disini saya selalu merasa kesepian… -__-‘
    ternyataak gampang lupain masa lalu itu… –__–“

    Suka

     
  52. sisol

    30 Agustus 2012 at 3:11 am

    bagaimana melupakan masa lalu jika hati ini tax merelakan???????????
    dy amat berharga dulu..sekarang dy…???????????

    Suka

     
  53. SyafahExa Fatah TtpLh Fatah

    3 September 2012 at 1:00 pm

    sabaaaaarr saja dunkkkkk
    mungkin yg terbaik masi di lain waktuu wkwkwkwkwkkwkwk
    perbanyak sembahyang mas broooooowww
    astafna FATAH

    Suka

     
  54. rindy sepriza

    22 September 2012 at 4:37 am

    masa lalu adalah hal tersulit yang tidak bisa untuk aku lupakan, apalagi itu masalah mantan kekasih .
    aku sudah punya tunangan di usiaku yg ke 24 tahun . tapi jujur aku masih menyayangi mantan pacarku meskipun dia bukan jodohku , gimana lagi ya caranya agar aku bisa mencintai tunanganku
    seperti dia mencintai aku dengan tulus ,,,,
    bantu aku ya mbak,, .>_< makasih……..

    Suka

     
  55. Anisa Putri Napasha

    12 Oktober 2012 at 7:35 am

    seseorang yg kusayang belum bisa melupakan masa lalunya , padahal aku berusaha selalu ada untuk dia . hampir 3 tahun semua masa lalu itu berlalu , namun semua masih utuh dibenaknya.
    Aku terlalu sayang dia, hingga aku tak mampu meninggalkannya .
    bisa beri aku saran ??

    Suka

     
  56. generasijosua

    29 Oktober 2012 at 12:47 am

    Thanks ya saranya,walaupun itu berat tpi akan ku usahakan

    Suka

     
  57. gita

    19 Desember 2012 at 2:43 pm

    masa lalu itu wjib d lupakan
    wlau pun itu sulit hrus berusaha d lupakan
    wlaupun itu skit
    semangat coy ! :-D

    Suka

     
  58. Ferdi

    15 Februari 2013 at 9:30 am

    Assalamualaikum, mohon bantu saya Ƴɑɑɑ… Saya butuh jawaban kalian. Saya punya pacar saya pacaran sudah 1 thun lebih dan keluarga kami pun sudah sangat dekat, kami pun samasama aling mencintai dan saya benar” sanagat menyayangi nyaa, tapi di sisi laen saya menyembunyikan masa lalu saya yng begitu buruk saya pernah melakukan hubungan intim dengan mantan saya tapi itu terjadi benar” hanya 1kali dan saya sangat menyesali kejadian itu semenjak itu sya berjanji tidak akan mengulangi kebodohan itu lagi dan saya berusaha taubat dan menjadi lebih baik lagi, dan akhirnya saya putus dan pacaran dg pacar saya yng skrng dia pernah menanyakan apa saya pernah melakukan hbungan itu saya jwb tidak karena bila saya jujur sya takut dia meninggalkan saya karena sya benar” tulus syg kepadanya selama dg nyaa saya tdk pernah sama skali selingkuh atau berbuat yng aneh” pelajaran dimasa lalu cukup membuat saya mengerti, tapi pacar sya ini sering skali menanyakan apa sya pernah berhubungan intim saya jwb tidak, dan pada suatu saat sya pun jujur kpda nyaa klo sya pernah berbuat seperti itu dan hanya sekali itu pun jauh sblm knal dia, disaat itu dia sangat kecewa tapi sya trus menjelaskan dan meminta maaf kepadanya saya mencoba bilang kepadanya bahwa itu masa lalu saya dan sya sudah bertobat dan km mndapatkan saya yng lebih baik dan tulus kpada km. Tapi dia seperti nyaa sanagat sakit hati mendengar itu semua. Dan dia minta untuk break. Apa yng harus sya lakukan sya bnar” tulus syg dan cinta kepadanya. Dan sya benar” menjaga nyaa saya sudah sangat berubah dari yng dulu masa lalu itu sya jadikan cerminan agar tdk terjerumus lg di masa depan. Tapi knapa dia tdk mau tau dan tetap meminta untuk putus. Saya minta solusi nyaaa. Terimakasih. Wassalamualaikum

    Suka

     
  59. przepisy dukana

    8 Mei 2013 at 4:36 am

    However, once you get off the diet, you will end up with more waist
    than you had before trying the diet. Try even
    walking once in a while to places that would normally take a very short drive.

    Pierre Dukan’s program is remarkably similar to the old Atkins regimen.

    Suka

     
  60. maria

    5 Juli 2013 at 10:33 am

    saya lagi berusaha melupkn sang mantan sejk bulan februari kmrn. Smpai skrg blm ad perubhn, bnyk mslh yg sy hadapi krn sy tdk bs menyesuaikn suasana hati dan pikrn akhr ny pekrjaan sy berantkn, smw hsl yg d krjkn tdk prnh optiml. Beberp cr tlh sy lkkn, berdoa, pergi k t4 yg meningglkn kengn, mendengr lagu yg sering dinyanyikn untk melwn ht krn sblmny sy tdk snggp mendgrn. tp smpai saat ni hslny msh nihil. sy menjlni hub dgn org baru tp saat sy tdk komunksi sm dia (org baru), sy teringt lg k sang mantn. Hmpr tiap hari air mata jatuh mengingt ms llu.
    smpai kdng sy memint kpd Sang Pencipta agr tdk ad hr esok, sy tdk ingn mengingt dia yg sngt membuat hati q hancur seprti butirn.
    Tolng ksh penyegarn yg bs menenangkn hati sy?

    Suka

     
  61. indah

    25 Januari 2014 at 8:01 am

    kenangan emnk indah dan kadang ada juga yg nykitin hidup itu anugrah jadi cinta gk perlu bwt d tangisin,smw pnya kngan terindah

    Suka

     
  62. indah

    25 Januari 2014 at 8:05 am

    kenangan itu yg menari dlm ingtanku
    namamu yg slalu terdengar di telingaku
    kata orang hidup tanpa cinta akan terasa sepi
    tapi bagiku cinta itu hal yg bysa d
    yg kdng nyakitin dan bahagia

    Suka

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: