RSS

Cerita (Peserta) Seleksi CNPS

09 Des

Sejak tadi pagi saya diminta bantuan oleh seorang pegawai kantor untuk mengerjakan soal ujian CPNS yang akan diikuti anaknya esok. Saya kaget juga, karena sampul soal tersebut tertulis tahun 2007 (itukan tahun aku ikut ujian???), tapi kenapa soalnya sama sekali berbeda….Trus kayaknya yang buat soal mood nya lagi jelek banget (habis di amuk-amuk istri, anak pertama tawuran, anak kedua diare, atap rumah bocor…halahhhh), soalnya ZUZAHHHHHH!!!!!!!!  yah, memang macam-macam cara orang cari nafkah, katanya sih tu soal beli pas ndaftar kemarin…(bapaknya ketipu tu, wa ka ka ka ka)

Salah seorang teman bercerita tentang seleksi CNPS (DEPAG, Gunungkidul, hari sabtu kemarin) bahwa ketika pendaftaran, banyak lulusan UIN dari TARBIYAH yang tidak bisa mendaftar jadi guru karena masalah Akreditasi…ndak tau juga saya, padahal Tarbiyah kan Pendidikan juga??? tapi katanya diakhir-akhir waktu pendaftaran masalah tersebut sudah diatasi dan mereka bisa mendaftar. Lagian apa sih bedanya S.Pd dengan S.Pd.I??? sama-sama punya akta 4 kan?…..tapi……tentang ini biar dibahas sama mereka yang expert….

Ketika ujian CPNS dilaksanakan (DIKNAS dan PEMDA hari minggu kemarin), malah banyak peserta yang tidak datang, katanya mencapai 23 %, banyak ya… padahal mereka dah capek-capek ndaftar, ngumpulin syarat-syarat, antri ngambil kartu (saya mengerti dan memahami penderitaanmu saudaraku)…kalau saya – sekali lagi – kalau saya, ya cobalah berusaha dulu, datang, ikuti ujian dengan baik dan kerjakan soal yang ada, urusan diterima atau tidak itu kan takdir Tuhan. Manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan yang menentukan. kok malah nyerah duluan sih…

Atau mungkin gara-gara ketiduran ya, kan kemarin minggu pagi emang hujan di Yogya, Ademmmm…..

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam hiruk pikuk pendaftaran CPNS adalah isu “Bayar Membayar“. Kata tetangga: “Kalo mau jadi PNS itu harus bayar 60 juta mas..”, kata orang nongkrong: “Yang keterima itu pasti anak pejabat mas, dah gitu mbayar juga, jadi jangan berharap banyak lah” (lha, terus kemarin saya diterima ini berarti saya anak pejabat juga dong… *bangga*), kata teman: “Kemarin itu ada yang sebenarnya dah diterima, tapi disuruh nyediain uang 250jt, trus dia mundur, ujian CPNS murni???? Mimpi mas” (Saya jelas ngamuk-ngamuk, lha wong yang dia ceritain itu tes yang tak ikutin n aku lulus je, *^%*&^%#&^$%#^$*&#$#$!!!!!!)

Cuma satu tanggapan saya: “Bawa orang nya yang mbayar-mbayar itu ke hadapan saya dan interogasi saat itu juga, kalo cuma denger-denger  “katanya” maka itu tidak dapat diterima”     *emosi*

Maksudnya gini: ayolah kita berusaha, kita mau mendaftar kan berarti kita berharap, kalo berharap berarti kita ada persiapan, kalo kita persiapan berarti kita belajar, kalo kita belajar berarti “insya Allah” peluang keterima ada, kalo ada peluang diterima ya ikut ujian, kalo ikut ujian ya Optimis. Optimis pun tidak cukup, harus lewat doa dan rajin ngibadah, semua itu kan takdir Tuhan…

Ada teman yang meminta agar saya mendoakan dia agar lulus tes besok. Kayaknya dia salah ketemu orang, sebelum tak doain tak tes dulu (he he he), lhadhalah, saya nanya 10 pertanyaan dia ndak bisa njawab 15 (yang lima dia nanya sendiri). Kan saya bingung harus ndoain gimana??? Saran saya: belajar lagi, tak beri beberapa contoh soal yang pernah keluar dan diujikan. Barusan dia memberitahu kalo ternyata masih banyak yang dia belum tahu dan mau dikejar habis-habisan malam ini… Ya, semoga sukses teman…..

Terakhir, kepada mereka semua yang ikut ujian CPNS kemarin saya doakan agar mendapatkan yang terbaik, kalo yang lulus berarti lulus itu adalah yang terbaik, kalo ndak lulus berarti ndak lulus juga adalah yang terbaik.

Dunia belum berakhir…Dunia itu luas…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Desember 2008 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: